Rumus Gravitasi Newton dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

  • Whatsapp

Gravitasi Newton memiliki rumus hukum yang terdapat di dalam ilmu Fisika. Rumus ini ditemukan oleh Isaac Newton. Manfaat dari rumus hukum gaya gravitasi cukup beragam. Diantaranya sebagai penerapan dasar ilmu penerbangan, olahraga, sumber energi, hingga hiburan. Sebelumnya kita mengenal adanya gravitasi Bumi yang merupakan gaya tarik Bumi terhadap benda yang berada di atas permukaannya ke arah pusat Bumi.

Rumus Gravitasi Newton

Bacaan Lainnya

Rumus dan Manfaat Gravitasi Newton

Gaya gravitasi pada umumnya dapat dibuktikan dengan beberapa cara sederhana. Cara tersebut salah satunya adalah dengan menjatuhkan benda dalam bentuk apapun dari arah atas, maka sudah pasti benda tersebut akan jatuh ke bawah. Contoh lain adalah pada malam hari terkadang kita dapat menyaksikan bintang atau meteor jatuh di langit.

Hal tersebut terjadi karena adanya gaya tarik benda terhadap Bumi yang lebih kecil dibandingkan dengan gaya tarik Bumi atau pada gaya tarik itu sendiri. Pada ilmu Fisika, gaya gravitasi lebih dikenal dengan hukum Newton. Berikut ulasan lengkapnya.

Hukum Gravitasi Newton

Rumus hukum gaya gravitasi merupakan salah satu rumus yang terdapat di dalam ilmu Fisika yang telah ditemukan oleh Isaac Newton. Isaac Newton merupakan fisikawan, ahli astronomi, filusuf alam, ahli matematika, alkimiawan, serta teolog.

Baca juga:  Fenomena Tsunami Pada Temperatur Rendah

Bunyi dari rumus hukum gravitasi adalah besar gaya tarik yang terjadi akan berbanding lurus dengan perkalian dari kedua massa. Selanjutnya akan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua titik massa tersebut. Selanjutnya teori ini dikembangkan secara lebih jauh lagi. Dalam setiap benda angkasa dapat saling tarik menarik. Dalam teori tersebut dapat menjelaskan adanya peristiwa alasan Bumi berputar mengelilingi matahari.

Adapun rumus hukum gravitasi Newton yaitu:

F = G x (m1 x m2)/ r2

  • F = gaya tarik yang terjadi terhadap dua jenis benda
  • G = konstanta gravitasi umum yang besar (G = 6,72 x 10-11N.m2.kg-2)
  • m1 dan m2 = massa dari masing-masing benda
  • r = jarak antara kedua benda tersebut

Tidak hanya Bumi yang dipercaya memiliki gaya gravitasi. Akan tetapi, semua benda juga dinilai mempunyai gaya gravitasi. Baik pada benda yang berada di Bumi atau benda asing dari luar angkasa. Gravitasi yang dimiliki Bumi jauh lebih kuat apabila dibandingkan dengan gaya gravitasi yang dimiliki dari sebuah benda.

Manfaat Gravitasi Newton

Terdapat beberapa manfaat dari gaya gravitasi yang berdasarkan rumus hukum gaya gravitasi  yang telah kita pelajari diatas. Manfaat itu antara lain:

Baca juga:  Spektroskopi Emisi Atom

Gravitasi Bulan

Perlu anda ketahui, bulan mempunyai gaya gravitasi 1,62 m/s2 dan memiliki manfaat dimana saat bulan bergerak dalam mengelilingi Bumi serta berada di dalam posisi terdekat dengan Bumi, maka air laut akan mengalami pasang. Dengan adanya kondisi air laut yang pasang tersebut, dapat menarik air laut ke arah bulan. Peristiwa ini juga dapat mempengaruhi ketinggian ombak dan permukaan air laut saat itu.

Pada saat terjadi bulan purnama, maka air laut menjadi pasang dan cukup tinggi. Ketika bulan mengelilingi Bumi serta pada posisi jauh dari Bumi, maka air laut akan mengalami surut. Selain itu, gravitasi bulan terkait gravitasi Newton juga akan berakibat pada menjauhnya bulan dari posisi Bumi yang memiliki jarak hingga 3,8 m per tahun.

Gravitasi Bumi

Manfaat dari gravitasi Bumi yaitu sebagai rotasi dan revolusi Bumi yang dipengaruhi adanya gravitasi matahari dan Bumi. Dengan adanya gravitasi Bumi ini dapat menjaga Bumi yang selalu berputar pada porosnya. Bumi memiliki satelit alami yakni bulan yang tetap berada dalam orbitnya. Hal ini juga pengaruh dari adanya gravitasi Bumi.

Baca juga:  Unsur-unsur Penyusun Berbagai Macam Zat di Alam Semesta

Selain itu, semua benda yang berada di Bumi dapat berada pada tempatnya serta semua benda yang berada di Bumi memiliki massa. Sebagai contoh, manusia dapat berjalan dengan baik dengan adanya gravitasi Bumi terkait gravitasi Newton.

Gravitasi Matahari

Manfaat dari adanya gravitasi matahari adalah dapat mengakibatkan Bumi serta berbagai macam benda langit lain dapat berputar pada porosnya. Hal ini biasa disebut dengan rotasi. Selain itu, Bumi beserta benda langit lainnya dapat berputar mengelilingi matahari yang tetap pada orbitnya atau biasa disebut dengan revolusi.

Dengan mengetahui beragam manfaat serta hukumnya, maka semakin menambah pengetahuan kita dalam hal gravitasi. Selain itu, anda juga dapat menerapkan rumus gravitasi Newton dalam berbagai macam kepentingan ilmu pengetahuan serta kehidupan sehari-hari anda.

 

Rumus Gravitasi Newton dan Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *