7 Ciri-ciri Makhluk Hidup

  • Whatsapp

Makhluk hidup memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan benda tak hidup (benda mati). Makhluk hidup akan melakukan aktivitas bernapas, bergerak, menerima dan menanggapi rangsang, memerlukan makanan, tumbuh dan berkembang biak. Sedangkan benda tak hidup tidak melakukan aktivitas tersebut. Pada dasarnya makhluk hidup dan benda mati memiliki persamaan yang mendasar yaitu berasal dari hal materi dan energi.

ciri-ciri makhluk hidup

Bacaan Lainnya

Beberapa ahli biologi berpendapat bahwa hidup adalah mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan sehingga dapat melakukan reproduksi. Hidup juga merupakan suatu cara untuk mendapatkan materi dan energi sehingga makhluk hidup harus beradaptasi terhadap perubahan lingkungannya, agar dapat mempertahankan keberadaannya.

7 Ciri-ciri Makhluk Hidup

Secara umum, ada beberapa ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup. 7 ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

1. Bernapas

Setiap saat makhluk hidup bernapas, yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

2. Memerlukan Makanan dan Minuman

Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Energi tersebut diperoleh dari makanan dan minuman.

3. Bergerak

Makhluk hidup dapat bergerak seperti berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Tubuh manusia dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak yang terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.

4. Tumbuh dan Berkembang

Makhluk hidup akan mengalami perubahan fisik, mulai lahir hingga dewasa.

5. Berkembang Biak (Reproduksi)

Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak. Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.

6. Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)

Makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsang yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsang disebut iritabilitas. Misalnya tiba- tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk ke mata, secara spontan mata akan segera menutup.

7. Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan

Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contoh: tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis.

sumber: Ciri-ciriĀ  Makhluk Hidup

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code