Fakta Tentang Energi Surya

Energi surya (matahari) terdiri dari cahaya dan panas yang dipancarkan oleh matahari sebagai radiasi elektromagnetik. Teknologi telah dapat menangkap radiasi elektromagnetik tersebut dan mengubahnya menjadi bentuk energi matahari yang dapat digunakan, seperti pemanas atau listrik saat ini.

Fakta Tentang Energi Surya

Meskipun seseorang dapat masuk ke disertasi teknis tentang subjek radiasi elektromagnetik, bagaimana diubah menjadi energi matahari, dan kualitas yang tepat dari sinar elektromagnetiknya, namun ini bukanlah sesuatu yang dibutuhkan atau ingin diketahui oleh rata-rata orang.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan energi matahari, ada beberapa fakta yang harus di ketahui. Mengetahui fakta-fakta ini dapat membantu membuat keputusan yang tepat, ketika melihat penggunaan tenaga surya sebagai sumber energi bersih untuk rumah, industri, atau apa pun masalahnya.

Fakta Energi Surya terhadap Lingkungan

Semua kehidupan di bumi bergantung pada energi matahari. Bahkan bentuk kehidupan terendah, seperti plankton dan mikroba, membutuhkan energi matahari (dalam bentuk sinar matahari) untuk bertahan hidup.

Energi surya benar-benar ramah lingkungan, sama sekali tidak menghasilkan emisi karbon atau produk sampingan berbahaya lainnya.

Baca juga:  Efek Hujan Asam

Energi surya dapat digunakan dengan sukses dan hemat biaya hampir di mana saja di planet ini. Anda tidak perlu tinggal di iklim tropis atau gurun untuk mendapatkan manfaat dari penggunaan energi matahari. Tenaga surya telah berhasil digunakan di banyak iklim dingin dan bahkan di daerah kutub.

Saat ini, cara termurah dan paling efektif untuk menggunakan energi matahari di rumah Anda adalah melalui penggunaan sistem pemanas air tenaga surya.

Faktanya, sistem pemanas air tenaga surya telah tersedia secara komersial di Amerika Serikat selama lebih dari 100 tahun.

Energi matahari dapat digunakan untuk memanaskan rumah secara efektif di iklim dingin, serta di iklim hangat.

Faktanya, pemanas matahari telah digunakan di banyak negara Eropa utara yang beriklim dingin selama beberapa dekade sekarang.

Teknologi energi surya telah maju ke titik di mana sekarang dapat menjadi pengganti yang layak dan hemat biaya untuk jaringan listrik biasa.

Energi surya meningkat pesat popularitasnya – sedemikian rupa sehingga permintaan untuk gadget bertenaga surya saat ini lebih besar daripada pasokannya.

Baca juga:  Bahaya CO Pada Gas Buang Kendaraan Bermotor

Penggunaan Energi Surya

Matahari dapat digunakan untuk menyediakan listrik, pemanas untuk rumah.  Energi matahari juga dapat digunakan untuk memanaskan kolam renang.

Faktanya, banyak kolam di Skandinavia dan Eropa yang dipanaskan dengan energi matahari.

Energi Matahari dapat digunakan untuk menggerakkan kendaraan, seperti mobil bertenaga surya, dan bahkan pesawat terbang bertenaga surya. NASA telah berhasil merancang, membangun, dan menguji pesawat yang sepenuhnya ditenagai oleh energi matahari.

Beberapa contohnya adalah: pengisi daya baterai surya, senter surya, kalkulator surya, radio surya, kipas bertenaga surya, ransel tenaga surya (untuk mengisi ulang baterai untuk perangkat kecil), pengisi daya surya hibrida (untuk ponsel, telepon satelit, dan banyak lagi) , lampu taman bertenaga surya … dan masih banyak lagi.

 

Fakta Tentang Energi Surya

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *