Catat! Ini Cara Menyusun Jadwal Perjalanan Bisnis yang Baik

Melakukan perjalanan bisnis sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia kerja profesional. Agar perjalanan bisnis kamu efisien dan efektif, kamu perlu tahu cara menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik. Menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik pun sangat penting dilakukan agar pekerjaan kamu menjadi lebih fokus dan produktif.

Jadwal Perjalanan Bisnis

Ketika melakukan perjalanan bisnis, selalu ada risiko yang menghantui seperti keterlambatan transportasi, kehilangan barang. hingga kecelakaan diri.

Sangat penting sekali ketika hendak melakukan perjalanan bisnis kamu sudah dibekali dengan proteksi asuransi dari Simas Insurtech yang bisa diakses di laman https://simasinsurtech.com/.

Tentang Perjalanan Bisnis

Sebelum mengetahui cara menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik, ada baiknya mengetahui beberapa hal penting terkait perjalanan bisnis berikut ini.

1. Apa itu perjalanan bisnis

Perjalanan bisnis merupakan sebuah perjalanan yang dilakukan dengan tujuan utama untuk pengembangan bisnis.

Ketika kamu sebagai staff diutus untuk melakukan perjalanan demi pengembangan perusahaan, hal tersebut bisa disebut dengan perjalanan bisnis.

2. Tujuan perjalanan bisnis

Perjalanan bisnis dilakukan tentulah bukan untuk tujuan sembarangan. Seorang staff atau pimpinan usaha melakukan perjalanan bisnis untuk mengikuti beberapa kegiatan dengan tujuan seperti workshop, rapat umum, pelatihan, tender proyek, hingga mengunjungi berbagai lokasi proyek.

Cara Menyusun Jadwal Perjalanan Bisnis yang Baik

Setelah cukup memahami apa itu perjalanan bisnis dan apa saja tujuan dalam perjalanan bisnis tersebut, maka untuk melakukan sebuah perjalanan bisnis, kamu harus menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik demi kelancaran kegiatan nantinya.

Terdapat beberapa cara menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan bisnis.

1. Mempelajari tujuan dari perjalanan bisnis

Cara menyusun jadwal perjalanan bisnis yang pertama adalah mempelajari tujuan perjalanan bisnis.

Seperti yang diketahui, perjalanan bisnis memiliki tujuan yang beragam. Sehingga ketika ditugaskan untuk melakukan perjalanan bisnis, kamu harus mempelajari terlebih dahulu tujuan penugasan perjalanan tersebut.

Jika pada penugasan, kamu dikirim untuk menghadiri jadwal meeting dengan klien, maka kamu harus mempersiapkan dan menyusun apa saja kebutuhan meeting tersebut.

Kamu juga harus mempelajari bagaimana karakter klien yang akan kamu hadapi, dan apa saja yang harus dibicarakan.

Dengan mempelajari tujuan bisnis ini, kamu bisa menyusun strategi agar tujuan bisnis tersebut bisa tercapai dengan baik.

2. Persiapkan barang dan dokumen yang akan dibawa

Mempersiapkan barang dan dokumen merupakan cara menyusun jadwal perjalanan bisnis berikutnya.

Setelah mempelajari tujuan penugasan perjalanan bisnis, maka kamu harus mempersiapkan barang dan dokumen yang dibutuhkan nantinya untuk menunjang perjalanan kamu.

Perjalanan bisnis yang baik akan bisa tercapai jika kamu mempersiapkan segalanya dengan matang dan terencana.

Misalnya, kamu akan melakukan perjalanan bisnis dengan tujuan bertemu investor, maka kamu harus mempersiapkan proposal dan bahan presentasi yang akan kamu jelaskan nantinya ketika meeting.

Cara menyusun jadwal perjalanan bisnis tidak akan lengkap tanpa persiapan barang dan dokumen pendukung lainnya seperti tiket transportasi yang sudah diprint atau di scan, KTP maupun Paspor bagi kamu yang melakukan perjalanan ke luar negeri dan surat dinas/perjalanan dari kantor.

Jika kamu bingung cara menyusun dokumen perjalanan, kamu bisa membeli sebuah dompet atau tas kecil. Kamu bisa menyusun semua dokumen penting di dalam dompet atau tas tersebut

3. Membuat susunan kegiatan yang akan dilakukan

Perjalanan bisnis yang terencana dengan baik akan memberikan hasil yang baik juga. Nah, pada poin ini, ketika kamu sudah diputuskan untuk melakukan perjalanan bisnis, kamu harus membuat susunan kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan selama perjalanan bisnis tersebut.

Misalnya, jika kamu akan melakukan perjalanan bisnis selama 3 hari, cobalah kamu membuat time table dan rundown jadwal kegiatan kamu selama 3 hari tersebut dimulai dari hari pertama hingga hari terakhir, dari pagi hingga acara berakhir.

Susunan kegiatan tersebut bisa kamu buat beberapa hari sebelum keberangkatan. Hal ini untuk memastikan dahulu jadwal yang sudah pasti sehingga rundown yang kamu buat bisa lebih terjadwalkan dengan baik.

4. Memesan tiket transportasi dan penginapan

Perjalanan bisnis seringkali merupakan perjalanan yang dilakukan ke luar kota hingga ke luar negeri.

Memesan tiket transportasi dan mempersiapkan penginapan juga masuk ke dalam cara menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik.

Setelah kamu mengetahui tanggal keberangkatan perjalanan kamu, maka sebaiknya kamu mulai mencari tiket keberangkatan seperti tiket pesawat maupun tiket kereta.

Pembelian tiket bisa kamu lakukan dengan mudah secara online. Begitu pun dengan penginapan, kamu bisa melakukan pemesanan secara online.

Jika kamu menggunakan moda transportasi pesawat terbang dalam perjalanan bisnis, kamu sangat disarankan untuk memiliki asuransi keterlambatan penerbangan. Hal ini bertujuan untuk memproteksi perjalanan dari risiko buruk yang mungkin terjadi seperti keterlambatan penerbangan hingga kecelakaan perjalanan.

5. Mempersiapkan obat-obatan dan vitamin selama perjalanan

Obat-obatan dan vitamin juga akan sangat dibutuhkan selama perjalanan. Kamu bisa membawa obat-obatan pertolongan pertama dan memang sudah terbukti cocok dengan kondisi tubuh kamu.

Menyusun jadwal perjalanan bisnis tidak akan berjalan baik jika kamu sendiri mengalami sakit di perjalanan.

Obat-obatan dan vitamin yang sudah kamu persiapkan akan membantu kamu untuk tetap sehat agar bisa melakukan perjalanan bisnis dengan baik.

6. Membeli asuransi untuk melindungi perjalanan

Selain menyusun dan mempersiapkan berbagai jadwal kegiatan yang akan kamu hadiri, kamu juga harus mempersiapkan diri kamu dengan membekali proteksi yang memberikan diri kamu perlindungan maksimal selama melakukan perjalanan bisnis.

Memiliki asuransi perlindungan diri ini merupakan salah satu cara dalam menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik.

Demikian pembahasan mengenai cara menyusun jadwal perjalanan bisnis yang baik. Bagi kamu yang hendak melakukan perjalanan bisnis, bisa melakukan cara-cara tersebut agar perjalanan bisnis kamu sukses dan menyenangkan.

 

Cara Menyusun Jadwal Perjalanan Bisnis yang Baik

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.