Menghitung Luas Tak Beraturan Dengan Metode Monte Carlo

  • Whatsapp

Menghitung luas tak beraturan dapat menggunakan metode Monte Carlo yang sangat sederhana. Meskipun tidak ada jaminan kebenaran dari metode semacam ini karena ini hanya mengandalkan keadaan acak untuk menyelesaikan suatu permasalahan.  Namun selalu ada penyelesaian dari setiap permasalahan.

Metode Monte Carlo merupakan metode alternatif yang banyak digunakan di bidang-bidang permodelan alam untuk mengamati perilaku alam dan menjadikan informasi yang penting untuk kehidupan manusia, seperti penentuan musim ikan dari perkiraan data satelit.

Bacaan Lainnya

Tidak ada konsensus tentang bagaimana Monte Carlo harus didefinisikan. Sebagai contoh, Ripley mendefinisikan pemodelan paling probabilistik sebagai simulasi stokastik , dengan Monte Carlo dicadangkan untuk integrasi Monte Carlo dan uji statistik Monte Carlo.

Sawilowsky membedakan antara simulasi , metode Monte Carlo, dan simulasi Monte Carlo: simulasi adalah representasi fiktif dari kenyataan, metode Monte Carlo adalah teknik yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah matematika atau statistik, dan Simulasi Monte Carlo menggunakan pengambilan sampel berulang untuk mendapatkan sifat statistik dari beberapa fenomena (atau perilaku).

Contoh Menghitung Luas Tak Beraturan Dengan Metode Monte Carlo

Lihat gambar di bawah ini.

luas tak beraturan

Mungkin kita bisa mengklaim bahwa ini bisa dikerjakan dengan teknik integral. Ya, integral adalah sebuah operator untuk menghitung luas, tetapi membutuhkan suatu fungsi. Sedangkan gambar di atas, sangat amat sulit menentukan fungsinya.

Bagaimana menghitung luas tersebut dengan metode Monte Carlo?

Coba saja gambar itu dicetak dua kali lebih besar, kemudian dipasang di tembok atau di papan kayu.  Misalnya, 12 cm x 12 cm, dan luasnya adalah 12 x 12 = 144 cm2 . Siapkan kapur warna. Ambil jarak dua-tiga meter, lalu lemparkan kapur itu ke arah gambar. Lakukan berulang kali.

Sebagai contoh hasil pelemparan 10 kali seperti gambar di bawah ini.

hasil pelemparan 10 kali
hasil pelemparan 10 kali

Tentu luas ini tidak tepat benar, coba lakukan pelemparan lebih banyak. Maka hasilnya akan semakin baik.

Sebagai contoh kita tambah 10 kali lemparan. Hasilnya seperti gambar di bawah.

20 kali lemparan
20 kali lemparan

Dari gambar ini terlihat ada 11 lemparan yang masuk, ini berarti luas yang diperoleh adalah (11/20) x 144 = 79,2 cm2.

Tidak ada jaminan kebenaran dari metode semacam ini. Karena metode ini hanya mengandalkan keadaan acak untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Bahan bacaan:

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Monte_Carlo_method

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code