Penerapan Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apakah kamu tahu, kalau keseharian kalian itu ternyata ada perhitungan ilmiahnya? Pernah dengar Isaac Newton? Beliau adalah seorang filsuf matematika dan fisika yang terkenal dengan hokum mengenai gerak benda yang dinamakan Hukum Newton.

Hukum Newton
image: www.kanalpengetahuan.com

Penerapan Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Apabila kamu belum tahu, Hukum Newton ini terdiri dari tiga bagian dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kamu bisa langsung menebaknya.

1. Hukum Newton I

“Suatu benda akan tetap bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol.”

Bunyi Hukum Newton I dalam Bahasa Latin:

Lex I: Corpus omne perseverare in statu suo quiescendi vel movendi uniformiter in directum, nisi quatenus a viribus impressis cogitur statum illum mutare.

Hukum kelembaman benda atau yang biasa disebut inersia adalah setiap benda akan diam apabila tidak diberikan gaya, dan akan cenderung lurus beraturan apabila diberikan gaya.

Kalau kamu masih bingung, contohnya bisa kamu peroleh salah satunya ketika kamu sedang menaiki bus. Apabila bus yang tadinya diam, kemudian sopir bus tiba-tiba menekan pedal gas untuk menjalankan bus, tubuhmu otomatis akan terdorong ke belakang dan pasti kembali ke posisi semula.

Baca juga:  Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Menjelang Ujian Sekolah

2. Hukum Newton II

“Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda berbanding lurus dengan besar gayanya dan berbanding terbalik dengan massa benda.”

Bunyi Hukum Newton II dalam Bahasa Latin:

Lex II: Mutationem motus proportionalem esse vi motrici impressae, et fieri secundum lineam rectam qua vis illa imprimitur.

Maksudnya, apabila benda dalam keadaan bergerak, massa benda dan gaya yang diberikan pada benda akan diperhitungkan.

Misalkan kamu bermain sepakbola. Ketika kamu menggiring bola, kamu memberikan gaya pada bola supaya bisa bergerak maju. Namun, ketika kamu menggiring bola yang kempes dan massanya lebih berat, pasti bola akan lebih sulit untuk digiring sehingga larimu akan lebih lambat ketika menggiring bola yang kempes.

3. Hukum Newton III

“Apabila sebuah benda mengerjakan gaya (aksi) kepada benda yang lain, maka benda kedua akan mengerjakan gaya (reaksi) pada benda pertama yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.”

Bunyi Hukum Newton III dalam Bahasa Latin:

Lex III: Actioni contrariam semper et æqualem esse reactionem: sive corporum duorum actiones in se mutuo semper esse æquales et in partes contrarias dirigi. 

Baca juga:  Makanan dan Minuman Penambah Konsentrasi Belajar

Prinsip dasarnya yaitu aksi dan reaksi. Tidak ada asap kalau tidak ada api. Begitu pun Hukum Newton III. Benda yang kamu berikan gaya akan menimbulkan reaksi.

Contohnya, ketika kamu sedang bertamasya di danau dan menggunakan perahu, ketika mendayungnya, arah dayung itu ke belakang kan? Gaya aksi yang kamu berikan kepada gayung yang bergerak ke belakang itu menimbulkan tekanan pada air sehingga muncullah gaya reaksi yaitu perahu yang bergerak maju.

Ternyata belajar melalui kehidupan sehari-hari itu menyenangkan, bukan?

 

Penerapan Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *