Dampak Positif Mendengarkan Musik Ketika Belajar

Cara belajar setiap orang berbeda-beda. Ada yang butuh suasana hening baru bisa belajar, ada pula yang bisa belajar dalam situasi apapun, termasuk sambil mendengarkan musik. Buat kamu yang senang mendengarkan musik sewaktu belajar, ada berbagai manfaat positif yang bisa didapatkan.

Mendengarkan Musik Ketika Belajar

Dampak Positif Mendengarkan Musik Ketika Belajar

Belajar adalah aktivitas yang berpotensi memicu stress, kamu bisa menguranginya dengan cara mendengarkan musik. Stress yang timbul dari belajar akan berkurang apabila ditemani musik, sehingga kita akan bisa lebih fokus dalam memahami isi teks pelajaran yang sedang dibaca.

Proses di dalamnya juga cukup menarik. Ketika kita sedang mendengarkan musik, suara akan ditangkap oleh gendang telinga dan masuk ke telinga bagian dalam, kemudian diubah menjadi sinyal listrik oleh sel-sel rambut dan dihantarkan menuju otak untuk diolah dan diterjemahkan menjadi musik yang kamu dengarkan.

Otak juga menyebarkan sinyal listrik yang telah diproses tadi ke berbagai bagian. Mulai dari otak temporal yang menerjemahkan sel listrik menjadi bahasa dari lirik lagu yang kamu dengarkan.

Baca juga:  Menghitung Laju Rata-rata Dengan Cara Rata-rata Harmonik

Sinyal listrik ini juga diterima oleh hipotalamus (tempat memproduksi hormon sekaligus pengatur tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh) dan bekerja meningkatkan kelenjar dopamin sekaligus menurunkan kortisol. Produksi dopamin inilah yang menyebabkan kamu bisa mengurangi stress ketika sedang mendengarkan musik.

Riset yang dilakukan University Health News mengenai efek musik kepada pasien demensia mengatakan bahwa kalau saraf otak lebih aktif ketika mendengarkan musik lantaran sinyal listrik yang dihasilkan bisa merangsang hubungan otak kiri dan otak kanan yang terkait dengan proses memori, kognitif, dan emosional.

Ingatanmu akan lebih tajam dan kamu akan lebih mudah dalam menghafal materi pelajaran sehingga tidak kesulitan dalam ujian. Akan tetapi, adakah genre musik yang cocok untuk didengarkan ketika sedang belajar supaya efek musik bisa lebih maksimal?

Meskipun katanya mendengarkan musik klasik bisa meningkatkan kecerdasan otak, tetapi hingga kini belum ada satu pun riset yang berhasil membuktikan teori itu.

Namun, ada saran dari Chris Brewer, penulis buku Soundtracks for Learning, untuk memaksimalkan manfaat musik, dengan cara menyesuaikan genre musik dengan aktivitas yang dilakukan.

Baca juga:  Try Out Sebagai Tolok Ukur Kemampuan Belajar

Jika kamu senang dengan lirik musik, kamu bisa mendengarkan musik yang mengandung lirik positif supaya bisa memotivasi dirimu untuk belajar dan memacu semangat meskipun lelah beraktivitas seharian.

Apabila kamu lebih suka tempo dalam musik, kamu bisa mendengarkan musik bertempo lambat supaya bisa memusatkan pikiran dan fokus menghadapi soal di hadapanmu.

Oleh karena itu, buka aplikasi musikmu, setel lagu yang kamu suka sembari mengerjakan soal-soal. Mau kpop, jpop, lagu Indonesia, atau pun lagu barat, nikmatilah musik favoritmu selagi belajar asalkan tidak didengarkan terlalu kencang dan kamu malah terganggu dan ikut menyanyikan lagunya.

 

Dampak Positif Mendengarkan Musik Ketika Belajar

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *