Energi Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut adalah kenaikan dan penurunan dua kali sehari dari permukaan air laut relatif terhadap daratan. Laut pasang dapat menghasilkan arus kuat (aliran air laut dalam arah yang berlaku) bersama beberapa garis pantai. Manusia telah berusaha untuk memanfaatkan energi kinetik (gerakan-diinduksi) dari pasang surut selama ratusan tahun.

Energi Pasang Surut Air Laut

Penduduk pesisir Inggris dan Prancis telah menggunakan energi pasang surut untuk memutar kincir air dan menghasilkan energi mekanik untuk penggilingan biji-bijian sejak abad kesebelas. Di zaman modern , arus pasang surut digunakan untuk menghasilkan listrik.

Energi pasang surut adalah sumber energi terbarukan yang tidak menimbulkan polusi . Namun, teknologi modern untuk memanfaatkan energi pasang surut relatif mahal dan terbatas pada beberapa garis pantai dengan pasang surut yang sangat tinggi dan rendah. Energi pasang surut mungkin, di masa depan, menjadi lebih banyak digunakan dan praktis secara ekonomi.

Kekuatan pasang surut Air

Pasang dihasilkan dari tarikan gravitasi Bulan dan Matahari di permukaan Bumi yang berputar. Gravitasi adalah gaya tarik menarik antara semua massa. Bentuk pantai dan dasar laut yang berdekatan mempengaruhi kisaran pasang surut (perbedaan antara pasang naik dan surut) di sepanjang garis pantai tertentu.

Baca juga:  Hak Atas Air

Beberapa tempat, seperti Selat Inggris antara Prancis dan Inggris, dan Teluk Fundy di Nova Scotia, Kanada, mengalami pasang surut yang sangat tinggi dan rendah. Pasang surut melindungi biara-biara Abad Pertengahan di Selat Inggris sejak abad kedelapan.

Mont-St.-Michel di Prancis barat dan Lindisfarne (Pulau Suci) di Inggris utara adalah gereja-gereja yang dibangun di atas pulau-pulau kecil yang dikelilingi oleh bermil-mil dataran pasang surut (daerah garis pantai yang luas dan datar secara bergantian tertutup dan tersingkap oleh pasang surut).

Saat ini, mereka terhubung ke daratan melalui jalan raya, tetapi di Abad Pertengahan, hanya peziarah yang taat yang bergegas untuk melakukan perjalanan tergesa-gesa melintasi bermil-mil (kilometer) pasir yang bergeser di antara gelombang pasang yang menderu.

Agar energi pasang surut menjadi sumber praktis untuk pembangkit listrik, kisaran pasang surut di wilayah pesisir harus setidaknya 16,5 kaki (5 meter). Semakin besar rentang pasang surut suatu daerah, semakin banyak listrik yang akan dihasilkan. Meskipun energi pasang surut dapat diandalkan dan berlimpah, hanya beberapa lokasi pembangkit listrik pasang surut yang cocok telah diusulkan di seluruh dunia.

Baca juga:  7 Ciri-ciri Makhluk Hidup

Dua pembangkit listrik pasang surut besar beroperasi hari ini di La Rance di Brittany, Prancis, dan di kota Annapolis Royal, Kanada, Nova Scotia. Di Amerika Serikat, energi pasang surut sebagai sumber listrik hanya realistis di Alaska dan Maine.

 

Energi Pasang Surut Air Laut

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *