Bahaya Sikap Percaya Diri yang Berlebihan

Percaya diri bukanlah sikap yang salah dan merupakan salah satu sikap terpuji. Seorang yang memiliki sikap percaya diri biasanya akan mudah dalam meyakinkan orang lain dengan apa yang dia ucapkan. Namun bagaimanapun juga segala sesuatu hal yang berlebihan tetaplah tidak baik, begitu juga dengan sikap percaya diri ini. Oleh sebab itu alangkah baiknya kamu menjauhi sikap percaya diri yang berlebihan karena itu memiliki dampak yang berbahaya pada diri sendiri.

Sikap Percaya Diri

Apa Itu Sikap Rasa Percaya Diri yang Berlebihan

Menurut Asosiasi Psikologi Amerika Serikat sikap percaya diri berlebihan adalah suatu pemikiran yang ditandai dengan estimasi berlebihan seseorang terhadap kemampuannya sendiri. Orang yang memiliki sikap percaya diri yang berlebihan cenderung meyakini bahwasanya dia bisa melakukan suatu hal dengan lebih baik daripada orang lain.

Dampak Dari Rasa Percaya Diri Yang Berlebihan

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwasanya sesuatu hal yang berlebihan tidaklah baik. Sama halnya dengan sikap percaya diri ini. Berikut beberapa dampak dan bahaya sikap percaya diri yang berlebihan :

Baca juga:  Alun-alun Indonesia di Tengah Mall

1. Kehilangan Kesempatan Berharga

Dampak yang diakibatkan dari sikap percaya diri yang berlebihan ialah seringnya kehilangan kesempatan yang berharga. Dampak ini sama dengan apa yang didapatkan oleh orang yang tidak memiliki rasa percaya diri.

Orang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan cenderung akan meremehkan atau bahkan menolak kesempatan berkarya atau mengerjakan sesuatu hal yang dia anggap mudah. Bahkan cenderung orang yang memiliki rasa percaya diri berlebihan ini mengambil suatu pekerjaan di luar kemampuannya sendiri.

Sehingga hal tersebutlah yang menjadi penghambat dia dalam berkembang dan mencapai sesuatu hal yang lebih besar.

2. Menghambat Pekerjaan

Orang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan terkadang bersikap remeh dalam menanggapi pekerjaan. Sehingga dia cenderung mengambil banyak pekerjaan dalam satu waktu. Mereka merasa bahwa pekerjaan itu mudah dan bisa dia selesaikan dalam waktu yang cepat.

Hal seperti inilah yang menjadi penghambat orang yang memiliki rasa percaya diri yang berlebihan dalam berkarir. Terkadang sikap tamak dalam bekerja membuatnya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu, sehingga di kemudian hari membuat banyak orang yang tidak mau mempekerjakannya lagi.

Baca juga:  Memulai Usaha Kopi Bagi Pemegang Kartu Prakerja

3. Sulit Beradaptasi Pada Lingkungan Kerja

Tong kosong nyaring bunyinya merupakan pepatah yang paling tepat dengan orang yang memiliki sikap percaya diri yang berlebihan ini. Orang yang memiliki sikap percaya diri yang berlebihan cenderung menggambarkan dirinya sebagai orang yang mampu mengerjakan suatu pekerjaan dengan lebih baik. Sehingga dia sering menghiraukan pendapat orang lain dan tidak mau bertanya tentang apa yang tidak dia mengerti. Hal inilah yang membuatnya menjadi susah dalam beradaptasi pada lingkungan kerja baru karena tidak mau menerima ilmu baru dari orang lain.

4. Kehilangan Orang Terdekat

Sikap percaya diri yang berlebihan bukanlah suatu sikap yang menyenangkan orang lain. Tak jarang sikap seperti ini membuat orang lain menilai orang tersebut sombong dan suka merendahkan orang lain. Alhasil akan membuat orang lain tidak suka dan menjauh secara perlahan. Jika hal ini berlangsung lama maka tidak tertutup kemungkinan orang yang memiliki sikap percaya diri yang berlebihan ini kehilangan orang terdekatnya.

5. Merusak Hubungan

Rasa percaya diri yang berlebihan bisa jadi sebuah petaka dalam hubungan, baik itu hubungan pertemanan maupun pasangan. Hal ini ialah karena seseorang yang memiliki sikap percaya diri yang berlebihan cenderung tidak mau disalahkan sehingga dia akan selalu menyalahkan orang lain.

Baca juga:  Pembangunan Komunitas Sosial

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *