Danau Toba Merupakan Jenis Danau Apa? Berikut Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Sini

Danau Toba adalah destinasi yang besar dan mempesona, memiliki pemandangan sekitarnya yang menawan. Namun, Danau Toba merupakan jenis danau apa? Danau satu ini ternyata merupakan danau tekto-vulkanik karena prosesnya sendiri merupakan gabungan dari tektonik dan vulkanik.

Jenis Danau Toba dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Danau Toba sendiri menjadi daya tarik utama di Medan dan provinsi Sumatera Utara. Pengunjung dari seluruh dunia datang ke Medan untuk melihat sekilas Danau Toba dan permata utamanya yang berada tepat di tengahnya, yaitu Pulau Samosir. Seperti apa keindahan dari Danau Toba itu sendiri?

Lokasi dan Cara Pergi ke Danau Toba Medan

Danau Toba yang merupakan jenis tekto-vulkanik merupakan danau dengan sejarah panjang sejak pembentukannya karena gunung berapi prasejarah yang ganas. Ukurannya kurang lebih 60 mil, lebar 18 mil dan kedalaman hampir 500 meter sehingga menjadikan Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Untuk menuju Danau Toba, Medan Indonesia tidak terlalu sulit. Berikut adalah beberapa metode dan opsi:

  1. Taksi & Bus – Dari bandara, naik taksi ke Terminal Bus Amplas di kota Medan. Di sana, naik salah satu bus umum berikut: Sentosa, ALS dan Sejatera ke kota Parapat. Tiket bus sekali jalan ke Parapat harganya terjangkau Rp 30.000 hingga Rp 50.000.
  2. Agen perjalanan lokal – Pergi ke kota Medan, cari agen perjalanan lokal dan atur transportasi / tur yang sesuai.
  3. Sewa mobil dengan sopir – Opsi selanjutnya adalah Anda dapat memesan sewa kendaraan pribadi dengan sopir dari Bandara Internasional Kuala Namu atau Medan ke Danau Toba.

Kapan Harus Pergi Ke Danau Toba Medan

Ada dua waktu yang baik untuk mengunjungi Danau Toba, yang pertama adalah antara bulan September dan November saat festival Danau Toba diadakan. Festival ini mencakup balap perahu naga, acara olahraga, musik, pertunjukan seni yang menampilkan seniman lokal dan banyak lagi. September dan November adalah waktu yang menyenangkan, berpesta dan mencari teman baru.

Jika Anda lebih suka menghindari keramaian, maka waktu terbaik lainnya adalah antara Mei dan September. Bulan-bulan ini adalah bagian dari musim kemarau di mana Anda akan dapat menangkap gambar terbaik pulau Samosir dan Danau Toba.

Hal yang Dapat Dilakukan di Danau Toba Medan

Alasan utama orang berduyun-duyun ke Danau Toba adalah karena pemandangannya yang langka, luas, dan menakjubkan. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan di Danau Toba untuk membuat kunjungan Anda lengkap:

  1. Menginap di salah satu hotel Parapat yang menghadap ke danau megah ini dan perbukitan di sekitarnya.
  2. Membaur dengan orang Batak dan budayanya. Suku Batak dikenal dengan keramahan dan masakannya, masyarakat Batak selalu menyambut wisatawan dengan tangan terbuka.
  3. Sorotan utama dari perjalanan ke Danau Toba adalah perjalanan feri selama 1 jam ke Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Di pulau ini, Anda dapat mengunjungi perkampungan Batak (Tomok), rumah adat Batak dan bahkan makam raja-raja Batak masa lalu (Sidabutar).

Sama indahnya dengan tempat wisata Raja Ampat, Anda bisa mengunjungi Danau Toba jika sedang merencanakan liburan. Danau Toba adalah destinasi kebanggaan Sumatera Utara yang layak dijadikan tujuan.

 

 Aktivitas yang Bisa Anda Lakukan di Danau Toba

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *