Apakah Nilai Hidup itu?

  • Whatsapp

Apakah yang dimaksud dengan nilai hidup itu? Pengertian nilai hidup adalah kualitas sikap atau perbuatan yang kita anggap ideal untuk menjadi sifat, watak dan kepribadian kita. Nilai hidup harus kita junjung tinggi sebagai sesuatu yang patut dan mulia agar kita tidak bingung membedakan mana yang baik dan mana yang keliru.

Nilai Hidup

Bacaan Lainnya

Nilai hidup yang kita pelajari dan kita anut akan menumbuhkan karakter, citra diri dan tujuan hidup kita sehingga akan menghasilkan perilaku yang kita anggap baik dan juga dianggap baik oleh orang lain.

Ciri nilai hidup bersifat universal dan dapat diterima menurut norma-norma umum yang berlaku.

Siapa yang menentukan nilai hidup?

Yang menentukan nilai hidup adalah budaya kita. Budaya yang diteladankan kepada kita oleh para orang tua, guru dan tokoh masyarakat.

Nilai hidup bukan bawaan dari lahir, melainkan produk dari pengaruh didikan yang kita terima dalam keluarga dan masyarakat. Sepanjang umur kita diwarnai oleh pengaruh itu.

Baca juga:  Matsuri - Festival Budaya Jepang

Namun, usia yang paling peka untuk menyerap pengaruh itu adalah masa anak dan remaja.

Nilai hidup bukan selera seperti suka bakso atau mie ayam. Nilai hidup bukan sifat seperti merasa senang atau sedih. Nilai hidup bukan bakat seperti pintar melukis atau bernyanyi.

Namun nilai hidup adalah rendah hati, rela berbagi, rasa tanggung jawab, menghargai waktu, jujur, komitmen dan lainnya.

Bagaimanakah cara untuk meneruskan nilai-nilai hidup tersebut? Apakah dengan nasihat?

Hidup ini penuh dengan nasihat, petuah, wejangan, khotbah dan pengarahan; namun melalui teladan yang konsisten dari orang tualah seorang anak akan belajar tentang nilai-nilai yang paling penting dalam hidupnya.

Nilai hidup memegang peranan penting dalam setiap kehidupan manusia, karena nilai menjadi orientasi dalam setiap tindakan manusia. Nilai-nilai tersebut menjadi prinsip yang berlaku di suatu masyarakat tentang apa yang baik, benar dan berharga yang seharusnya dimiliki dan dicapai oleh masyarakat.

Nilai-nilai kehidupan dipercaya bisa menimbulkan energi positif dari tubuh kita, dan menggerakkan kita melakukan sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan di hati. Ketika kita jujur, bahagia, bertanggung jawab, maka produktivitas sudah pasti akan meningkat besar.

Baca juga:  Budaya Masyarakat Jepang Dalam Situasi Bencana

 

Pengertian nilai hidup – Literasi online

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *