Sifat Altruistic Dalam Kelompok Ikan

  • Whatsapp

Dalam kehidupan hewan air, beberapa jenis ikan memiliki sifat altruistic. Pengertian altruistic secara umum adalah mengorbankan diri untuk menyelamatkan yang lain. Umumnya jenis ikan yang memiliki sifat altruistic ditandai dengan hidup berkelompok.

kelompok ikan

Bacaan Lainnya

Beberapa jenis ikan di laut maupun di air tawar (sungai dan danau) ada yang kehidupannya sendirian (soliter) dan berkelompok dimana beberapa ikan selalu hidup berkelompok serta bekerjasama antar individu di dalam kelompoknya.

Jenis ikan yang berkelompok inilah yang secara umum memiliki sifat altruistic dimana seekor ikan lebih memilih mengorbankan diri dan memberikan keuntungan kepada ikan yang lain.

Sifat Altruistic Dalam Kelompok Ikan

Mengapa ada ikan yang hidup berkelompok dan bergerak kesana kemari secara berkelompok juga? Salah satu alasan utama adalah memberikan keuntungan perlindungan kepada ikan-ikan lain dari serangan predator.

Beberapa contoh jenis ikan yang hidup secara berkelompok di air asin (laut) ikan sarden, teri, dll. Di air tawar seperti Ikan platy, ikan neon, dll.

Berkelompok bagi beberapa jenis ikan juga merupakan strategi untuk menghadapi ancaman predator. Jika seekor ikan memiliki satu pasang mata, bagaimana jika mereka berkelompok? Tentu ada banyak pasang mata dalam kelompoknya.

Dengan cara berkelompok seperti ini, mereka mampu mendeteksi terhadap keberadaan predator di sekitarnya dan memberikan informasi kepada kelompok ikan yang lain untuk bergerak menghindari predator.

Jika ikan berkelompok, terutama bagi ikan-ikan kecil dan lemah, akan tampak menjadi sebuah kekuatan. Berpuluh-puluh bahkan ribuan ikan akan seperti sebuah mahluk besar yang membuat lawannya takut mendekat.

Selain itu, ikan mampu memperhitungkan resiko jika mereka bergerak sendiri-sendiri dibandingkan jika bergerak secara bersama-sama dalam sebuah kelompok.

Semisal seekor ikan akan memiliki resiko kematian hingga 100% apabila bergerak sendiri-sendiri, dan memiliki resiko kematian hampir 1% jika bergerak bersama-sama dalam jumlah yang banyak. Dan umumnya predator akan memangsa ikan yang keluar dari kelompoknya.

Meskipun secara bersama-sama ikan membentuk kelompok dan memberikan keuntungan kepada ikan lainnya atas perlindungan dari satwa predator, namun di sisi lain terdapat resiko yaitu berkompetisi untuk memperoleh makanan di dalam kelompoknya. Seekor ikan akan memperoleh makanan yang lebih sedikit karena berebut dengan yang lain.

 

Sifat Altruistic Dalam Kelompok Ikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code