Memulai Usaha Kopi Bagi Pemegang Kartu Prakerja

  • Whatsapp

Usaha kopi memang mulai menjamur hari ini. Berbagai jenis kafe, kedai-kedai makanan bahkan restoran cepat saji pun juga telah menjadikan kopi sebagai menu andalan di tempat mereka. Tidak bisa dipungkiri jika banyak masyarakat kita saat ini yang pada umumnya memang merupakan seorang penggemar kopi.

Memulai Usaha Kopi

Bacaan Lainnya

Berbagai kalangan pun sudah terbilang akrab dengan minuman yang memiliki cita rasa pahit di lidah ini. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran hingga pejabat-pejabat pun kerap kali terlihat berada di warung-warung kopi.

Hari ini, trend bisnis kopi juga sudah mulai bergeser dari kafe menjadi bisnis gerobak kopi.  Banyak orang telah berhasil dan sukses menjalankan bisnis kopi ini. Anda pun juga bisa menjadi salah satu dari mereka. Terlebih saat ini pemerintah juga telah menjalankan program kartu prakerja bagi siapa pun yang ingin memulai berbagai jenis usaha termasuk usaha kopi.

Tips Memulai Usaha Kopi Bagi Prakerja

Untuk memulai usaha kopi, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan pula apalagi bagi seorang pemula dalam dunia usaha kopi. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa  dilakukan agar bisa memaksimalkan bisnis kopi Anda.

Baca juga:  GDP Sebagai Alat Ukur Negara Kaya atau Negara Miskin

1. Tentukan Konsep Bisnis Kopi

Bagi seorang pemula, hal utama yang perlu diperhatikan ialah dengan memilih konsep bisnis yang tepat. Saat ini sudah banyak berbagai jenis usaha kopi di tengah masyarakat. Jika Anda tidak memiliki inovasi yang berbeda, tentu Anda akan sulit bertahan di tengah persaingan bisnis kopi. Beberapa konsep usaha kopi yang bisa Anda pilih bisa berupa kios kopi, coffeehouse, atau café bistro. Beberapa konsep tersebut sudah banyak dijalankan di mana-mana, sisa Anda yang menentukan konsep yang tepat untuk memulai bisnis kopi tersebut.

2. Tentukan Lokasi Bisnis Kopi yang Tepat

Lokasi yang strategis adalah awal dari suksesnya bisnis kopi Anda. Soal rasa memang segalanya tetapi sebuah bisnis yang sukses juga memerlukan lokasi yang tepat untuk melancarkan segalanya. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan ke berbagai tempat. Lokasi yang cukup ramai dan bisa mendatangkan banyak pembeli biasanya adalah area kampus dan juga perkantoran. Jangan lupa untuk melihat atau mengecek adanya kompetitor usaha Anda di sekitar wilayah tersebut.

Baca juga:  Alun-alun Indonesia di Tengah Mall

3. Gunakan Tenaga Professional

Meskipun usaha kopi Anda terbilang masih sangat kecil, Anda tetap harus menggunakan tenaga yang ahli dalam membuat kopi. Jangan sampai Anda mengeluarkan banyak uang untuk masalah peralatan dan tempat saja tetapi lupa untuk fokus mengelolah rasa di bisnis kopi. Tidak ada salahnya juga untuk menyisihkan uang Anda untuk menyewa seorang desainer interior. Tampilan tempat yang menarik juga menjadi salah satu daya tarik banyak orang saat ini.

4. Buatlah Jaringan atau Komunitas Sebanyak Mungkin

Sebuah bisnis tidak akan sukses tanpa orang-orang yang mengunjunginya. Untuk mendatangkan konsumen ke tempat Anda tentu tidak dengan cara menunggu saja. Anda harus bisa memiliki jaringan dan komunitas seluas-luasnya. Bergabunglah dengan berbagai komunitas yang cukup berpengaruh di sekitar Anda. Perkenalkan diri Anda serta keberadaan bisnis kopi Anda sehingga orang-orang pun merasa tertarik untuk berkunjung. Membuat jaringan sebanyak-banyaknya bukan hanya persoalan mendapatkan pelanggan tetap. Memiliki banyak kenalan juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan informasi mengenai dunia bisnis yang sedang Anda geluti. Anda bisa ikut serta dengan komunitas kopi atau mungkin mengikuti berbagai seminar atau talk show yang berkaitan dengan dunia usaha.

Baca juga:  Kehamilan Tak Diharapkan Pada Remaja

Dari sekian banyak pelatihan usaha kopi yang ada adalah Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi dari Bencoolencoffee yang memberikan pelatihan barista berbeda dari biasanya dimana peserta akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dengan luar biasa. Antara lain

  • Mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR, mengetahui jenis kopi, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi barista, cara meracik kopi, memberikan pelatihan pemahaman dan penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan oleh seorang Barista
  • Tidak ketinggalan akan memberikan pelatihan dalam membuka Usaha Kedai Kopi dengan modal minim, agar bisa membuka kopi didaerah tempat tinggal dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Nah, demikianlah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk memulai usaha kopi. Jika tertarik terhadap bisnis kopi, Anda juga bisa mencoba program prakerja pelatihan usaha kopi yang dibiayai oleh pemerintah saat ini.

 

Memulai Usaha Kopi Bagi Pemegang Kartu Prakerja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code