Menjadi Orang Kaya dan Sukses Yang Diberkahi

  • Whatsapp

Banyak pandangan orang saat ini yang menilai bahwa sukses adalah kaya. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba untuk menggapai kesuksesan dengan mencari ilmu, mengikuti pelatihan dan motivasi , serta berbisnis. Namun, sedikit sekali orang yang paham pentingnya menjadi orang sukses dan kaya yang diberkahi.

orang kaya

Bacaan Lainnya

Ungkapan yang menyatakan bahwa kekayaan atau kekurangan tidak menentukan kebahagiaan, sangatlah benar adanya. Banyak kisah menarik yang bisa di ambil hikmahnya dari perjalanan hidup orang-orang sukses yang pernah dibukukan atau di ulas di media.

Kemampuan mereka dalam menyelaraskan kehidupan dunia dan bekal kehidupan akhiratnya. Orang-orang sukses yang mampu melakukan hal tersebut dapat dikategorikan orang kaya yang diberkati oleh Tuhan.

Lalu bagaimana agar kekayaan yang kita miliki memperoleh berkah? Cobalah saran berikut ini:

Bekerja cerdas dengan iman

Seseorang menjadi kaya berkat usaha dan kerja keras. Tapi kerja keras tanpa disertai ilmu dan keimanan akan sia-sia. Kita bisa lihat contoh pada kuli bangunan yang mengumpulkan uang dengan bekerja keras dan tidak perlu kecerdasan. Begitu juga dengan para koruptor yang telah bekerja memakai kecerdasannya tapi tidak memakainya imannya.

Baca juga:  Beberapa Tipe Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)

Berdoa

Seringkali kita mendengar pepatah latin ora et labora yang berarti berusaha dan berdoa. Pepatah tersebut sangat ampuh untuk menyemangati hidup. Bahkan agama apapun mengajarkan bahwa doa sangat penting untuk manusia. Dengan berdoa menandakan adanya pengharapan dan ketergantungan atas pertolongan Tuhan. Sombong rasanya bila manusia tidak berdoa dan hanya bekerja saja.

Hindari Hutang

Tidak dapat dipungkiri meminjam uang atau berhutang untuk keperluan modal usaha sudah lazim dilakukan. Namun kenyataannya banyak orang yang berhutang hanya untuk memenuhi ambisinya. Entah ambisi karena merasa kekurangan, atau ambisi karena seringnya di beri kesempatan berhutang. Sebisa mungkin hindari berhutang selama masih mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan dari hasil jerih payah sendiri.

Tidak bergaya hidup mewah

Bergaya hidup mewah sah-sah saja bagi orang yang memiliki kemampuan tersebut. Namun, harus dipastikan bahwa kekayaan atau harta tersebut sudah mencukupi semua kebutuhan penunjang hidupnya, salah satunya adalah jaminan atau asuransi kesehatan dan dana pensiun hari tua. Ironis bukan bila seseorang bekerja keras hanya untuk tuntutan gaya hidupnya yang mewah, tetapi saat jatuh sakit ia lupa tidak memiliki dana kesehatan.

Baca juga:  Penyebab dan Dampak Urbanisasi

Berbagi

Ungkapan “tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah”mengajarkan pada kita bahwa memberi atau berbagi itu lebih baik daripada meminta. Sepatutnya bila kita di beri lebih berupa harta, kita harus berbagi kepada orang yang masih kekurangan. Setiap agama apapun pasti mengajarkan demikian. Dengan berbagi maka kita tidak akan pernah kehilangan apapun.

Percayalah dengan berbuat banyak dan berbagi seperti saran di atas, maka sudah sepantasnyalah kita merasa menjadi orang kaya yang diberkahi.

 

Menjadi Orang Kaya dan Sukses Yang Diberkahi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code