Try Out Sebagai Tolok Ukur Kemampuan Belajar

Masih adakah yang hari ini mengikuti try out atau ulangan uji coba? Atau malah ada yang sudah bosan menghadapi ujian berulangkali tetapi hasilnya tidak jauh berbeda? Kamu yang mungkin lelah, bosan, atau pasrah dalam menghadapi hasil try out, mungkin belum mengerti apa makna dari uji coba yang dilakukan secara berulang seperti ini. Sebenarnya, try out itu membawa dampak positif bagi keseharian kalian.

Try Out

Try Out Sebagai Tolok Ukur Kemampuan Belajar

Ada yang pernah mendengar peribahasa “Ala bisa karena biasa”? Jika belum pernah, peribahasa itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bisa diartikan sebagai kalah kepandaian oleh latihan. Bisa juga berarti sesuatu yang sukar akan tidak terasa sukar lagi karena sudah biasa dikerjakan.

Itu artinya, kamu akan lebih mudah mengerjakan sesuatu apabila terbiasa dalam melakukannya. Jika kalian terbiasa bangun pagi untuk belajar, kalian akan melakukannya secara rutin tanpa kalian sadari.

Begitu pula dengan try out. Semakin sering kamu mengerjakan soal ujian, semakin terbiasa pula dalam menghadapi berbagai bentuk soal. Bukan soal hasil yang bagus, tetapi sebagai bentuk adaptasi kamu kepada berbagai permasalahan.

Baca juga:  Dampak Positif Mendengarkan Musik Ketika Belajar

Dengan adanya try out pula, kamu bisa mengatur taktik dalam belajar sebelum ujian. Pahamilah, hanya kamu yang tahu kondisi dirimu sendiri. Kamu yang tahu waktu yang tepat untuk belajar, metode apa yang paling cocok digunakan, hingga mengatur supaya belajar bisa lebih nyaman.

Kamu yang jarang belajar pun akan lebih termotivasi untuk belajar lebih giat dan tekun dengan adanya try out. Intensitas belajar yang lebih tinggi pun bisa kamu raih dan dibiasakan apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik.

Kamu juga bisa mengetahui dan memperkirakan materi apa yang nantinya akan keluar ketika ujian. Jika kamu sudah menguasai materi pelajarannya, kamu akan ditantang untuk menyelesaikannya kembali. Jika belum tahu materi pelajarannya, kamu akan berusaha untuk menyelesaikan soal itu.

Mata pelajaran yang lebih sedikit ketika ujian nasional pun membuat siswa terfokus pada beberapa mata pelajaran tertentu. Fungsi try out pun membantu siswa agar bisa lebih terfokus belajar, tidak terpecah dalam mempelajari materi yang lain. Bukan berarti materi lain tidak penting, tetapi fokus siswa yang harus dilatih.

Baca juga:  Mengenal dan Memahami Metode Pembelajaran HOTS

Try out yang sudah dilakukan akan membuat kamu bisa mengambil keputusan terhadap hasil yang diperoleh. Informasi materi pelajaran, nilai yang baik atau buruk, sampai mengukur waktu pengerjaan, semua informasi penting itu bisa diperoleh olehmu dan kamu bisa lebih baik dalam menghadapi segala situasi pada saat ujian nasional berlangsung.

Nah, dari berbagai keuntungan yang sudah dijelaskan di atas, siapkah kamu dalam menghadapi ujian nasional nanti? Persiapkan mentalmu juga ya, jangan sampai kamu grogi saat ujian sehingga tidak bisa meraih hasil maksimal. Jangan lupa belajar dan kerjakan berbagai latihan soal yang ada.

 

Try Out Sebagai Tolok Ukur Kemampuan Belajar

Recommended For You

About the Author: Literasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *