Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi

  • Whatsapp

Salah satu sifat manusia adalah sebagai makhluk sosial perlu berinteraksi dengan lingkungannya. Oleh karena itu, manusia memiliki sifat ketergantungan antara satu sama lain, diantaranya adalah komunikasi. Melalui komunikasi pula pengetahuan manusia akan semakin bertambah dan berkembang, karena salah satu fungsi dari komunikasi yaitu untuk saling bertukar informasi antar sesama. Dengan kata lain komunikasi sangat bermanfaat bagi manusia.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bacaan Lainnya

Awalnya manusia menyampaikan atau memberitahukan suatu informasi dilakukan dengan cara lisan maupun tertulis. Namun kemajuan peradaban dan teknologi yang semakin pesat, informasi komunikasipun mengalami berubahan.

Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat cepat memudahkan kita untuk memberitahukan informasi tidak hanya dengan cara lisan langsung ke orangnya tetapi bisa juga melalui media seperti telepon, faximili, email, chatting, teleconference, webcam dan lain-lain.

Sebagai contoh, kini dengan email kita bisa mengirim informasi kepada orang lain yang berada jauh seperti di luar kota atau bahkan sampai di luar negeri kita bisa mengirim surat dengan cepat dan mudah. Kita tidak perlu menggunakan amplop, kertas surat dan perangko tetapi cukup dengan komputer dan internet.

Baca juga:  Sifat Altruistic Dalam Kelompok Ikan

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam teknologi informasi dan komunikasi terdapat dua aspek yang termasuk ke dalamnya, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Kedua aspek ini hanya berbeda fungsi.

Keduanya mempunyai pengertian yang berbeda tetapi mempunyai kesamaan yaitu bertujuan membantu seseorang untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan informasi dengan mudah dan tepat.

Komunikasi merupakan suatu proses yang dilakukan orang untuk menyampaikan informasi atau gagasan dengan tujuan untuk mengubah atau membentuk perilaku seseorang, yang semula tidak mengetahui apapun menjadi mengetahui sesuatu

Sedangkan informasi adalah suatu berita atau pengumuman yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu yang dapat disebarkan atau diberitahukan ke orang lain, dengan tujuan untuk memberikan suatu berita atau pengumuman menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain baik individu maupun kelompok.

Seiring dengan perkembangan jaman saat ini, membuat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat.

Hal ini dikarenakan oleh kemajuan ilmu yang dipelajari dalam penelitian, sehingga dapat dengan produktif melahirkan suatu inovasi terbaru berupa sebuah alat atau cara untuk mempermudah kita dalam melakukan kegiatan informasi dan komunikasi.

Baca juga:  Apakah Nanosains dan Nanoteknologi itu?

Dengan adanya inovasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi mendorong terjadinya perubahan-perubahan penting di berbagai sudut dunia.

Contohnya dengan adanya internet kita dapat berkeliling dunia tanpa harus pergi ke negara yang ingin kita tuju, cukup dengan browsing dan kita dapat mengetahui tentang negara tersebut. sehingga kita dapat menghemat waktu dan biaya.

 

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code